Minggu, 15 Juli 2012

JENIS DRAMA & CONTOHNYA


Drama adalah jenis cerita yang diambil dari kisah nyata atau fiksi yang menceritakan kehidupan manusia secara manusiawi. Oleh karena itu, uraian| skenarionya harus dapat diterima akal atau memungkinkan terjadi pada manusia. Drama dapat dibagi menjadi beberapa jenis (disusun dari yangj paling manusiawi).

• Drama Sejarah
Adalah drama yang menyajikan kisah sejarah dengan tokoh dai peristiwanya.

• Melodrama
Adalah drama yang mengeksploitasi kesedihan atau penderitaan. Jenis drama ini banyak disajikan dalam sinetron bersambung di televisi.

• Drama tragedi
Adalah drama yang berakhir dengan kesedihan. Hal ini untuk memberikan kesan mendalam yang disimpan dalam benak penonton setelah pertunjukan selesai. Contoh: Romeo dan Juliet, Titanic.

• Drama Komedi
Adalah drama yang mengandung kelucuan. Dilihat dari sifat kelucuannya, drama komedi terbagi lagi menjadi:
Komedi situasi: Kelucuan teraspirasi dari situasi dan kondisi yang direncanakan.
Contoh: Bajaj Bajuri, Office Boy. Komedi slapstic: Kelucuan ditimbulkan dari korban kejahilan.
Contoh: Warkop, Mr. Bean, Home Alone. Komedi satire: Kelucuan mengandung sindiran dan hikmah.
Contoh: Kiamat Sudah Dekat, Mrs. Doubtfire. Komedi farce: Kelucuan dari dialog dan gerak yang agak dibuat-buat. Contoh: Srimulat, Extravaganza (meskipun keduanya berbeda konsep).

• Drama Misteri
Adalah drama yang menahan perhatian penonton dengan suspense/ ketegangan, baik yang berasal dari tindak kriminal atau makhluk gaib.

• Drama Action/laga
Adalah drama yang banyak menampilkan adegan konfrontasi baik dengan sedikit atau banyak thriller, dengan seting tradisional, modern, maupun fiksi ilmiah. 

Film drama ini banyak penggemarnya.
Dokumenter
Skenario dokumenter berisi kisah atau uraian nondrama/nonfiksi. Dibuat tanpa rekayasa karena menyajikan materi yang bersifat kenyataan di tempat aslinya, Seperti: biografi, tempat wisata/bersejarah, adat suku bangsa.

Iklan
Skenario ditujukan sebagai usaha untuk mempromosikan suatu produk barang atau jasa, agar orang tertarik dan berminat untuk mengonsumsi atau ¦lenggunakannya. Sifatnya bisa komersial atau sosial.

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/film-and-theater-studies/2266696-jenis-drama-dan-contohnya/#ixzz20lRDbi4i


Tidak ada komentar:

Posting Komentar